Wisata Raja Ampat di Juluki Coral Reef Paradise Surga Terumbu Karang Terbesar Di Dunia

  • Gaffar
  • Jun 03, 2016
Raja Ampat

Bagi Penyelam dan pencinta bawah laut, Papua adalah surga penyelaman yang menyajikan kekayaan biota laut yang mengagumkan. Salah satu yang Terkenal adalah perairan Raja Ampat. Kawasan ini dijuluki Coral Reef Paradise ( surga terumbu karang ) oleh para penyelam dunia. Lokasi Raja Ampat berada di Provinsi Papua Barat.

Panorama Raja Ampat Terbaik
Panorama Raja Ampat Terbaik via www.airpano.com

Raja Ampat adalah Kabupaten baru hasil pemekarang kabupaten Sorong dengan luas wilayah 4,6juta Hektar. Sekita 85% luas wilayah tersebut merupakan lautan sementara sisanya adalah gugusan pulau dan karang atol sejumlah 610 pulau. Dari ratusan pulau, hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk asli.

kepulauan raja ampat tidak hanya dianggap sebagai taman laut Indonesia, namun juga diyakini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Terkuaknya panorama alam bawah laut Raja Ampat bermula ketika seorang penyelam ulung berkembangsaan Belanda Max Ammer mengunjungi kawasan ini tahun 1990.

Indahnya Kepulauan Raja Ampat via www.pesonavitalis.com
Indahnya Kepulauan Raja Ampat via www.pesonavitalis.com

Raja Ampat merupakan kawasan terumbu karang dengan kekayaan biota laut terbesar di Dunia, memiliki setidaknya 1.300 Spesies ikan, 600 jenis terumbu karang,serta 700 jenis karang, belum lagi berbagai jenis kura-kura, ganggang dan ubur-ubur. Kekayaan ini paling besar diseluruh area segitiga koral dunia, yaitu Philipina-Indonesia-Pupua Nugini.

Dengan begitu luasnya perairan raja ampat serta kekayaan biota lautnya yang beragam, maka anda bisa memilih titik untuk memulai penyelaman. Di sekitar Pulau Kri, Anda dapat menyaksikan keindahan terumbu karang serta berbagai jenis ikan yang sangat menakjubkan, Termasuk jenis queensland grouper, kuwe, kakap, kerapu, hiu karang, tuna, napoeleon wrasse, barracuda, serta giant travally.

Selamat Datang di Raja Ampat
Selamat Datang di Raja Ampat via test.tulistr.com

Titik penyelaman lainnya adalah di Sardine Reef dengan kedalaman sekitar 10 meter. Tempat ini menyajikan berbagai jenis ikan termasuk parrotfish yang memiliki warna cemerlang. Apabila ingin mencoba sensasi berada dalam terowongan batu karang , Anda dapat menyelam di sekitar kepulauan Kaboei Bay Rock. Disana terdapat sebuah teluk yang dibawahnya merupakan sebuah terowongan batu karang. Kaboei Bay Rock juga terdapat gua-gua karang yang dihuni oleh kelelawar serta dibeberapa tempat ditemukan sisa-sisa tulang manusia.

Terumbu Karang Raja Ampat
Terumbu Karang Raja Ampat via www.uwphotographyguide.com

Masih banyak lagi titik-titik penyelaman yang dapat ditelusuri, seperti di The Passage, Pulau Fam, serta Pulau Misool. Selain menikmati situs-situs sejarah bawah laut, diantaranya kapal perang serta pesawat tempur yang karam di perairan Raja Ampat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau-pulau diwilaya Raja Ampat. Daratan Pulau-pulau di terlindungi, memiliki hamparan pantai yang mempesona, serta laut yang jernih.

Anda yang berniat mengunjungi Raja Ampat dapat bertolak dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya menuju bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. Penerbangan dari Jakarta menuju sorong biasanya transit terlebih dahulu dimakasar atau Manado. Dari Bandara Domine Eduard Osok, Anda bisa segera melanjutkan perjalanan menuju Raja Ampat menggunakan kapal cepat berkapasitas 10 orang dengan biaya sekitar Rp. 3.200.000 sekali jalan selama 4 jam.

Penduduk Raja Ampat
Penduduk Raja Ampat via www.123rf.com

Tidak ada tiket khusus untuk memasuki kawasan perairan Raja Ampat. Hanya saja, ongkos untuk menyewa kapal motor, peralatan menyelam, serta Instruktrur berkisar antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah dalam sekali penyelaman. Proses menyelam biasanya dilakukan berkali-kali untuka menikmati titik-titik penyelaman yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, para penyelam biasanya disarankan berkelompok untuk menekan jumlah pengeluaran yang relatif mahal.

Dikawasan wisata bawah laut Raja Ampat, anda dapat memperoleh fasilitas yang memadai dibeberapa resor yang ada, seperti dipulau Kri, Waigeo, Mansuar, serta Misool. Beberapa resor menetapkan harga yang relatif mahal karena menyuguhkan fasilitas yang lengkap, jika anda datang dengan anggaran lebih rendah dapat memanfaatkan resor milik Pemerintah.

Altenatif lain adalah dengan cara memilih menginap berhari-hari di atas kapal dengan menyewa kapal Pinisi yang telah dimodfikasi khusus untuk kegiatan penyelaman beberapa hari. Kapal ini memiliki kapasitas maksimal 14 orang dengan biaya sekitar Rp. 90.000.000 hingga Rp. 110.000.000 untuk pelayaran selama seminggu.

Video Keindahan Raja Ampat

 

Sejarah Raja Ampat Menurut Wikipedia

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda.

Paket Tour Raja Ampat Menurut Sumber yang terpercaya seperti www.raja-ampat.biz

Start Dari Bandara Sorong:
Jika Hari ke 3 Mengambil FRIWEN TOUR (Friwen – Batu lima – Urai), Harga berkurang Rp 370.000 per orang
HARGA PAKET:

  • Harga 10 peserta : Rp. 4.680.000/peserta
  • Harga 8 peserta : Rp. 5.040.000 /peserta
  • Harga 6 peserta : Rp. 5.760.000 /peserta
  • Harga Valid Start Januari 2016

INCLUDE :

  • Penjemputan Bandara Sorong – ke Pelabuhan Rakyat Sorong ( mobil avanza)
  • Kapal Cepat bahari 88 Pelabuahan rakyat Sorong – ke Waisai. ( Kelas Eco,PP )
  • Kapal Boat Waisai – ke Hamueco Raja Ampat Resort. PP
  • 3 ( tiga ) Hari Bermalam di hamueco Raja Ampat Resort.
  • Kapal 2 ( dua ) hari jelajah pulau Raja Ampat yang sudah ditentukan ( Destinasinya )
  • Makan 9 x ( kali ) di Raja Ampat
  • Kopi dan Teh, free
  • Handuk
  • Wifi Hamueco Raja Ampat Resort
  • Pin dan Tiket masuk wisata Raja Ampat.
  • Kendaraan drop ke hotel dari Pelabuhan Rakyat Sorong pada saat pulang.

EXCLUDE :

  • Tiket pesawat PP dari kota masing- masing menuju kota Sorong Papua barat ( Garuda Indonesia,Sriwijaya
  • Air,Lion Air,Wings Air dan Expresss air ) Daftar nama Pesawat yang menuju Sorong.
  • Alat snorkeling (Rp 50.000 per hari)
  • Hotel di kota Sorong
  • Kendaraan keliling saat di kota Sorong

 

BANDARA – Pelabuhan Rakyat Sorong – Waisai – Resort HAMUECO
Penjemputan di bandara (menggunakan 1 mobil avanza) ke Pelabuhan Rakyat Sorong. Transfer dari Sorong ke Waisai dengan Kapal cepat bahari 88 kelas ekonomi (Berangkat di jam 2 siang setiap hari, ada keberangkatan jam 9 pagi di hari senin rabu jumat). Dari pelabuhan Waisai ke Hamueco Raja Ampat Resort ditempuh dengan speedboat 15 menit perjalanan. Tiba di Resort, tamu bisa snorkeling di house reef atau istirahat di beranda restoran kami sambil melihat sunset Raja Ampat yang indah

PIANEMO TOUR ( MANTA POINT – ARBOREK – BUKIT BINTANG – PIANEMO – SAWUNDAREK – YENBUBA JETTY – PASIR TIMBUL – FRIWEN )
Pianemo tour dimulai jam 8 pagi setelah sarapan. Dari Resort, kita akan langsung snorkeling di Manta point, setelah itu melihat desa Arborek atau desa wisata di Raja Ampat. Dari Arborek, kita langsung menuju Pianemo. Makan siang di rumah homestay pianemo, kemudian tracking ke Bukit danau bintang dan Pianemo ikon baru Raja Ampat. Setelah puas, kita menuju tempat snorkeling di Sawundarek danYenbuba jetty serta Pasir Timbul Mansuar yang memukau. Jika masih ada waktu, kita akan snorkeling lagi di Friwen.

KABUI TOUR (URAI ISLAND – TELUK KABUI – GOA GENEZ – BATU PINSIL – BATU LIMA)
Tur kabui dimulai jam 8 pagi setelah sarapan. Dari Resort akan langsung menuju pulau Urai untuk snorkeling. Setelah itu menuju Goa Genes untuk snorkeling ke dalam goa. Dari sana ke Batu Pinsil dan menuju Batu Lima untuk snorkeling yang terakhir, dan kembali ke Resort.

(OPTIONAL BIRDWATCHING RP 250.000/peserta) Resort – Waisai – Sorong
Di hari keempat, tamu bisa mengambil opsional tur melihat burung cendrawasih mulai dari jam 5 pagi hingga 9 pagi. Seteleh itu kita akan menuju pelabuhan Waisai satu jam sebelum keberangkatan Kapal cepat bahari 88 kelas ekonomi (Berangkat di jam 2 siang setiap hari, ada keberangkatan jam 9 pagi di hari senin rabu jumat). Tiba di Pelabuhan Rakyat Sorong setelah perjalanan 2-3 jam menggunakan ferry, tur Raja Ampat selesai.

Start Dari Pelabuhan Waisai Raja Ampat:
ika Hari ke 3 Mengambil FRIWEN TOUR (Friwen – Batu lima – Urai), Harga berkurang Rp 370.000 per orang
HARGA PAKET:

  • Harga 10 peserta : Rp. 4.200.000 /peserta
  • Harga 8 peserta : Rp. 4.560.000 /peserta
  • Harga 6 peserta : Rp. 5.160.000 /peserta
  • Harga Valid Start Januari 2016

INCLUDE :

  • Kapal Boat Waisai – ke Hamueco Raja Ampat Resort. PP
  • 3 ( tiga ) Hari Bermalam di hamueco Raja Ampat Resort.
  • Kapal 2 ( dua ) hari jelajah pulau Raja Ampat yang sudah ditentukan ( Destinasinya )
  • Makan 9 x ( kali ) di Raja Ampat
  • Kopi dan Teh, free
  • Handuk
  • Wifi Hamueco Raja Ampat Resort
  • Pin dan Tiket masuk wisata Raja Ampat.

EXCLUDE :

  • Tiket pesawat PP dari kota masing- masing menuju kota Sorong Papua barat ( Garuda Indonesia,Sriwijaya Air,Lion Air,Wings Air dan Expresss air ) Daftar nama Pesawat yang menuju Sorong.
  • Alat snorkeling (Rp 50.000 per hari)
  • Hotel di kota Sorong
  • Tiket kapal PP Pelabuhan Sorong – ke pelabuhan Waisai
  • Mobil Bandara ke pelabuhan Sorong
  • Kendaraan keliling saat di kota Sorong

Waisai – Resort HAMUECO
Dari pelabuhan Waisai ke Hamueco Raja Ampat Resort ditempuh dengan speedboat 15 menit perjalanan. Tiba di Resort, tamu bisa snorkeling di house reef atau istirahat di beranda restoran kami sambil melihat sunset Raja Ampat yang indah

PIANEMO TOUR ( MANTA POINT – ARBOREK – BUKIT BINTANG – PIANEMO – SAWUNDAREK – YENBUBA JETTY -PASIR TIMBUL – FRIWEN )
Pianemo tour dimulai jam 8 pagi setelah sarapan. Dari Resort, kita akan langsung snorkeling di Manta point, setelah itu melihat desa Arborek atau desa wisata di Raja Ampat. Dari Arborek, kita langsung menuju Pianemo. Makan siang di rumah homestay pianemo, kemudian tracking ke Bukit danau bintang dan Pianemo ikon baru Raja Ampat. Setelah puas, kita menuju tempat snorkeling di Sawundarek danYenbuba jetty serta Pasir Timbul Mansuar yang memukau. Jika masih ada waktu, kita akan snorkeling lagi di Friwen.

KABUI TOUR (URAI ISLAND – TELUK KABUI – GOA GENEZ – BATU PINSIL – BATU LIMA)
Tur kabui dimulai jam 8 pagi setelah sarapan. Dari Resort akan langsung menuju pulau Urai untuk snorkeling. Setelah itu menuju Goa Genes untuk snorkeling ke dalam goa. Dari sana ke Batu Pinsil dan menuju Batu Lima untuk snorkeling yang terakhir, dan kembali ke Resort.

(OPTIONAL BIRDWATCHING RP 250.000/peserta) Resort – Waisai
Di hari keempat, tamu bisa mengambil opsional tur melihat burung cendrawasih mulai dari jam 5 pagi hingga 9 pagi. Seteleh itu kita akan menuju pelabuhan Waisai satu jam sebelum keberangkatan Kapal cepat bahari 88 kelas ekonomi (Berangkat di jam 2 siang setiap hari, ada keberangkatan jam 9 pagi di hari senin rabu jumat).

Peta Menuju Ke Raja Ampat

 

Related Post :

One thought on “Wisata Raja Ampat di Juluki Coral Reef Paradise Surga Terumbu Karang Terbesar Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *