...

Wisata Kolam Renang Tamara Sensasi Berenang dengan Mata Air Asli Gunung Karimun

  • Gaffar
  • Sep 24, 2016
Kolam Kerang Tamara

Sebagai daerah Kepulauan, Karimun Kepri juga memiliki berbagai wisata yang panoramanya sangat menakjubkan, bagaimana mungkin luas pulau yang hanya 7.984 km2 yang terdiri dari dataran 1.524km2 dan lautan 6.460km2 memiliki tempat wisata yang Eksotis. Apa sih yang tidak mungkin, semua akan menjadi mungkin hanya dengan memiliki kolam renang yang air isi ulangnya merupakan air yang berasal dari pegunungan. wahh asik bukan?? asik dong, mandi langsung dengan mata air pegunungan.

Dulu Kolam renang ini sempat ditutup, wisatago tidak tahu kenapa alasan kolam ini ditutup dan ditinggal oleh pemiliknya. Namun semua itu tidak menjadi alasan bagi sebagian anak karimun untuk mengunjungi kolam renang ini, Sebab senyuman yang menawan dimiliki kolam renang ini tiada tanding dari kolam renang biasanya. Ditamabah lagi kolam renang ini memiliki berbatuan besar yang terletak di pinggiran kolam, ini sangat menambah nuansa kolam. Penasaran bukan? yaa dong pasti penasaran, Nama dari kolam renang ini adalah kolam renang Tamara, kolam renang Tamara terletak di Desa Pongkar berdekatan dengan Pantai Pongkar dan Pantai Ketam.

Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/KarimunCorner
Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/KarimunCorner

Selain Kolam renang Tamara, Karimun juga memiliki berbagai kolam renang antara lain, kolam renang Viarama yang terletak di desa Lubuk semut dan Kolam renang Tapian Nauli yang terletak di Sidorejo. Dengan luas Lautan 6.460km2 Tentunya karimun memili wisata pantai yang begitu menakjubkan Salah satunya pantai Telunas, Pantai Pongkar, Pantai Pelawan Pantai ketam dsb.

Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/profile.php?id=100013124223372
Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/profile.php?id=100013124223372

Jika Sobat Memilik waktu Liburan, Sebaiknya Sobat menikmati Panorama yang ada di Kolam Renang Tamara Bersama Keluarga, rekan kerja, Bahkan Pacar Sobat. Senyuman menawan yang dihadiahkan oleh kolam renang Tamara ini memberikan suasana mata yang menyejukan Ditambah lagi Sobat akan naksir ketika mendengar Kicawan burung yang bernyanyi, angin yang sepoi-sepoi berasal dari gunung, gemercik air yang berjatuhan serta melihat keindahan pohon yang menari sana-sini. waahh Indah Bukan???

A. Sejarah

Kolam Renang Tamara Juga memiliki sejarah, Kata sebagian penduduk setempat kolam renang ini dibagun beberapa tahun yang lalu dimilik oleh sebuah hotel, dan sempat di tutup namun wisatago tidak tahu alasan kenapa bisa di tutup. Memiliki keindahan kolam yang langsung dari mata air pegunungan menambah nuansa tarik dari sebagian kalangan muda. Banyak kalangan muda yang hobi dalam dunia fotograpi mengambil momen pada lokasi kolam renang Tamara ini saat ditutup. Keindahan hasil foto yang di miliki kolam renang ini banyak mendatangkan pertanyaan.

Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/ryechoryechal
Kolam Renang Tamara via https://www.facebook.com/ryechoryechal

Akhirnya wisatawan terus berdatangan, malahan saat di tutup sempat dijadikan tempat foto prewedding dan foto anak mudah yang ke kinian.

B. Letak Geografi

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau 58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni  sebanyak 35 buah pulau.Tentunya Kolam Renang Tamara terletak di Desa Pongkar pada gugusan Kepulauan Karimun.

C. Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Desa Pongkar adalah penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat Pongkar Merupakan Budaya Masyarakat Melalu. sekarang ini masyarakat Karimun dipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun.

Budaya Masyarakat Karimun
Budaya Masyarakat Karimun via pelangibudaya2003.blogspot.com

Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

D. Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain.  Mata Pencaharian Masyarakat yang ada di Desa Pongkar adalah kebanyakan Pekerja PT. dan sebagian Nelayan.

E. Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Lokasi Penuju Tempat Wisata Tidaklah Sulit Karena Letaknya hanya ditepi Jalan Pongkar, Karena Wisata Baru Pastinya Sebagian Masyarakat Karimun Belum Tahu lokasi Kolam renang Tamara ini, Tidak usah Kawatir, Jika Sobat asli dari Karimun Pastinya sudah tau yang namanya pantai Pongkar atau pantai Ketam. Jika masih Belum tahu, wisatago akan memberi tahukan rute Perjalanannya

  1. Jika sobat dari pantai Pongkar, sobat harus menuju keBarat tepatnya Ke wisata air Terjun Sekitar 300 Meter dari pantai pongkar sekitar memakan waktu 5 menit, Kiri jalan ada plang untuk menuju Kolam renang, jika sobat bingun sebaiknya tanyakan sama masyarakat setempat.
  2. Jika sobat dari Desa Sungai Ayam sobat memakan waktu sekitar 45 menitan, Sobat bisa mengambil Rute Menuju PN Setelah itu Stadion Badang Perkasa lewat Utara stadion badang perkasa jika ambil selatan maka akan ke pantai pelawan, sobat harus ambil di sisi jalan utara stadion badang perkasa tempatnya menuju daerah pegunungan. Jika sobat sudah mengambil disisi jalan utara maka sobat ikuti jalan aspal terus hingga sampai di desa pongkar, sesampai di desa pongkar maka sobat ikuti jalur nomer 1 tadi.
  3. Jika sobat Dari Tebing sobat memakan waktu sekitar 40 menitan, sobat bisa mengmabil Rute Menuju Poros yang akan melewati RSUD Karimun setelah itu menuju jalan poros dan melewati Gor Badang Perkasa, Jika sobat sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat ikuti jalur nomor 2.
  4. Yang terakhir jika sobat dari Kolong sobat memakan waktu 50 menitan, Sobat Bisa mengmbil Rute Meral setelah itu ada simpang tiga daerah meral, maka sobat bisa ambil jalan kanan dan akan melewati Gor Banga perkasa, Jika sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat Ikuti Jalur Nomor 2.

F. Kondisi Jalur Wisata

Jalur wisata sudah di jelaskan pada tahap-tahap di atas, Untuk kondisi jalaur wisata menuju Kolam Renang Tamara Sobat tidak usah kawatir akan jalannya karena jalan menuju ke lokasi sudah di aspal, ada pepatah yang mengatakan “jalan yang sulit sering kali menuju tempat yang indah” kali ini untuk wisata Kolam Renang Tamara tidak Membutuhkan kata-kata itu Jalannya sudah bagus apalagi tempat wisatanya.

Jalan Menuju Kolam Renang Tamara
Jalan Menuju Kolam Renang Tamara via jalankemanagitu.com

Namun yang sobat harus tahu, nanti sekita perjalanan 100 Meter sobat harus melewati tanah kuning, jika sobat mengunjunginya dalam waktu sehabis hujan, maka siap-siap Ban motor akan di penuhi dengan Tanah kuning yang lengket.

G. Fasilitas Wisata

Fasilitas yang dimiliki oleh wisata Kolam Renang Tama Ini adalah Fasilitas WC atau kamar Mandi, Parkir, Renang, dan tentunya akan melihat panorama yang sangat indah.

H. Paket Wisata

Pakat Wisata Kolam Renang Tamara:

  1. Masuk membayar Rp 5.000, Buka jam 8.00 Wib Hingga jam 17.00 Wib sobat sangat puas Bemain Diwaktu itu.
  2. Jika Sobat Menginap di Hotel, Maka Karimun menyediakan banyak sekali Hotel, rata-rata hotel di karimun Rp. 90.000 Hingga Jutaan Rupiah.
  3. Jika sobat menyewa mobil maka sobat harus menyediakan Uang sebanyak 300Ribuan Perhari. Perlu sobat ketahui bahwa Karimun memili 2 SPBU yang aktif yaitu di Meral dan di Poros,
  4. Parkit Rp 1.000
  5. Bilas di Kamar Mandi Rp 2.000

I. No Kontak Jasa Paket Wisata

(Belum Ada Nomor Kontak)

J. Peta Wisata Kolam Renang Tamara