...

TANJUNG PINANG: Mengenal Lebih Dekat Kota di Kepulauan Riau

  • Gaffar
  • Apr 13, 2023
TANJUNG PINANG: Mengenal Lebih Dekat Kota di Kepulauan Riau

Hello teman-teman, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Kali ini, kita akan membahas tentang kota kecil yang punya daya tarik tersendiri di Kepulauan Riau, yaitu Tanjung Pinang. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, Tanjung Pinang mempunyai keindahan alam dan kekayaan budaya yang patut untuk dilihat dan dikunjungi.

Tanjung Pinang merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau dan terletak di Pulau Bintan. Kota ini terkenal dengan suasana yang tenang dan damai, serta keindahan pantai yang memukau. Selain itu, Tanjung Pinang juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya, yang terlihat dari bangunan-bangunan tua dan adat-istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Tanjung Pinang juga menjadi pusat perdagangan dan bisnis di Kepulauan Riau. Kota ini memiliki pelabuhan yang ramai dengan kapal-kapal besar dan kecil yang datang dan pergi, membawa muatan dari dan ke berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri. Selain itu, Tanjung Pinang juga terkenal dengan kerajinan tangan dari rotan dan bambu yang menjadi komoditas utama kota ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang Tanjung Pinang. Mulai dari sejarah dan budaya, wisata alam, kuliner, hingga tempat belanja yang terkenal di kota ini. Berikut adalah daftar isi dari artikel ini:

  1. Sejarah dan Budaya Tanjung Pinang
  2. Wisata Alam di Tanjung Pinang
  3. Kuliner Khas Tanjung Pinang
  4. Tempat Belanja di Tanjung Pinang
  5. Akomodasi di Tanjung Pinang
  6. Transportasi di Tanjung Pinang
  7. Festival dan Acara Tahunan di Tanjung Pinang
  8. Mengunjungi Pulau-pulau di Sekitar Tanjung Pinang

Sejarah dan Budaya Tanjung Pinang

Sejarah Tanjung Pinang tidak terpisahkan dari sejarah Kerajaan Johor-Riau. Pada abad ke-16, Kesultanan Johor-Riau menguasai wilayah ini dan menjadikan Tanjung Pinang sebagai salah satu pelabuhan utama di Kepulauan Riau. Selama masa pemerintahan Sultan Mahmud, Tanjung Pinang menjadi pusat perdagangan penting di wilayah ini.

Pada abad ke-18, Tanjung Pinang menjadi tempat persinggahan bagi para pedagang yang datang dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Arab, India, dan Belanda. Hal ini membuat Tanjung Pinang menjadi pusat perdagangan yang semakin berkembang dan menyebabkan banyak budaya asing yang masuk ke kota ini.

Budaya Tanjung Pinang sangat dipengaruhi oleh adat istiadat Melayu dan agama Islam. Hal ini terlihat dari bangunan-bangunan tua yang masih berdiri kokoh di kota ini, seperti Masjid Raya Sultan Riau yang dibangun pada abad ke-18 dan Istana Bintan yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud.

Selain itu, Tanjung Pinang juga memiliki berbagai tradisi dan kebudayaan yang unik, seperti tarian zapin, seni ukir, dan seni tenun. Tarian zapin adalah tarian tradisional yang biasanya ditarikan oleh pemuda-pemudi Melayu dalam acara-acara pernikahan atau festival budaya. Seni ukir dan seni tenun juga merupakan seni tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat Tanjung Pinang.

Destinasi Wisata di Tanjung Pinang

Tanjung Pinang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata kuliner. Beberapa destinasi wisata yang populer di Tanjung Pinang antara lain:

a. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang paling terkenal di Tanjung Pinang. Pulau ini merupakan bekas pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga pada abad ke-19. Di pulau ini terdapat berbagai bangunan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau, Istana Sri Sulthan, dan Makam Raja Ali Haji.

b. Pantai Trikora

Pantai Trikora merupakan salah satu pantai terindah di Tanjung Pinang. Pantai ini terletak di Kabupaten Bintan dan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Trikora juga menjadi tempat yang ideal untuk berenang, berjemur, atau melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling atau diving.

c. Kampung Bintan

Kampung Bintan adalah sebuah desa tradisional yang terletak di Kabupaten Bintan. Desa ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang sangat menarik di Tanjung Pinang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung kehidupan masyarakat lokal dan belajar tentang adat istiadat Melayu.

Kuliner Khas Tanjung Pinang

Tanjung Pinang juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Beberapa kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib dicoba antara lain:

a. Lontong Tanjung Pinang

Lontong Tanjung Pinang adalah makanan khas Tanjung Pinang yang terbuat dari nasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Lontong ini biasanya disajikan dengan sayur labu dan sambal goreng.

b. Soto Tanjung Pinang

Soto Tanjung Pinang adalah soto khas Tanjung Pinang yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Soto ini biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan kerupuk.

c. Kue Lapis

Kue Lapis adalah kue tradisional Melayu yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki lapisan-lapisan yang berbeda warna dan biasanya disajikan sebagai kudapan atau oleh-oleh.

Transportasi di Tanjung Pinang

Untuk menuju Tanjung Pinang, wisatawan dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan kapal feri dari Singapura atau Batam ke Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

Di Tanjung Pinang, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi untuk berkeliling kota. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa sepeda motor atau mobil untuk berkeliling ke berbagai destinasi wisata di sekitar Tanjung Pinang.

Akomodasi di Tanjung Pinang

Tanjung Pinang memiliki berbagai pilihan akomodasi yang dapat dipilih oleh wisatawan, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Beberapa pilihan akomodasi yang populer di Tanjung Pinang antara lain:

a. Bintan Lagoon Resort

Bintan Lagoon Resort adalah salah satu hotel berbintang yang terletak di Kabupaten Bintan. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis di dekat Pantai Trikora.

b. Hotel CK Tanjung Pinang

Hotel CK Tanjung Pinang adalah salah satu hotel berbintang yang terletak di pusat kota Tanjung Pinang. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis di dekat berbagai destinasi wisata di kota ini.

c. Hotel Furia Bintan

Hotel Furia Bintan adalah salah satu penginapan murah yang terletak di pusat kota Tanjung Pinang. Penginapan ini cocok bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya akomodasi namun tetap mendapatkan fasilitas yang memadai.

Festival dan Acara Khas Tanjung Pinang

Tanjung Pinang juga memiliki berbagai festival dan acara khas yang diadakan setiap tahunnya. Beberapa festival dan acara khas Tanjung Pinang antara lain:

a. Festival Bahari Tanjung Pinang

Festival Bahari Tanjung Pinang adalah acara tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tanjung Pinang untuk mempromosikan potensi wisata bahari di daerah ini. Festival ini biasanya diadakan pada bulan September dan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, lomba perahu naga, dan pasar malam.

b. Festival Budaya Melayu

Festival Budaya Melayu adalah acara tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tanjung Pinang untuk mempromosikan kebudayaan Melayu di daerah ini. Festival ini biasanya diadakan pada bulan November dan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, pameran budaya, dan kuliner khas Melayu.

c. Festival Durian

Festival Durian adalah acara tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan untuk mempromosikan buah durian yang sangat terkenal di daerah ini. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Juli dan berbagai kegiatan seperti lomba makan durian, pameran buah durian, dan kuliner khas durian.

Tips Berwisata di Tanjung Pinang

Berikut adalah beberapa tips berwisata di Tanjung Pinang:

a. Siapkan Uang Tunai

Meskipun sebagian besar tempat di Tanjung Pinang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau e-wallet, namun masih ada beberapa tempat yang hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup selama berwisata di Tanjung Pinang.

b. Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Mandi

Beberapa penginapan di Tanjung Pinang tidak menyediakan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, atau handuk. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa perlengkapan mandi sendiri selama berwisata di Tanjung Pinang.

c. Jangan Lupa Bawa Pakaian yang Sesuai

Tanjung Pinang memiliki iklim yang tropis dengan suhu yang cukup panas sepanjang tahun. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca seperti baju berbahan katun dan celana pendek. Namun, untuk mengunjungi tempat-tempat suci seperti masjid atau kuil, disarankan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka.

Mengunjungi Pulau-pulau di Sekitar Tanjung Pinang

Tanjung Pinang memiliki beberapa pulau yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, baik untuk menikmati keindahan alam, berenang, atau melakukan aktivitas air. Beberapa pulau yang dapat dikunjungi di sekitar Tanjung Pinang antara lain:

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Tanjung Pinang. Pulau ini memiliki berbagai bangunan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau, Istana Sri Sulthan, dan Makam Raja Ali Haji. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pantai yang indah di pulau ini.

2. Pulau Senggarang

Pulau Senggarang terletak di sebelah selatan Tanjung Pinang dan dapat dicapai dengan perahu atau kapal. Pulau ini memiliki berbagai bangunan bersejarah seperti Kuil Kwan Im dan Vihara Dharma Sasana. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah di pulau ini.

3. Pulau Mapur

Pulau Mapur terletak di sebelah timur Tanjung Pinang dan dapat dicapai dengan perahu atau kapal. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling atau diving.

4. Pulau Lagoi

Pulau Lagoi terletak di Kabupaten Bintan dan dapat dicapai dengan kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang. Pulau ini memiliki berbagai resort dan fasilitas wisata yang lengkap seperti pantai, kolam renang, dan lapangan golf. Wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, atau bersepeda di pulau ini.

5. Pulau Berhala

Pulau Berhala terletak di sebelah utara Tanjung Pinang dan dapat dicapai dengan perahu atau kapal. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling atau diving.

Sebelum mengunjungi pulau-pulau di sekitar Tanjung Pinang, disarankan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan seperti baju renang, kacamata renang, dan perlengkapan snorkeling atau diving.

Kesimpulan

Tanjung Pinang adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia dengan berbagai destinasi wisata sejarah, alam, dan kuliner khasnya yang lezat. Selain itu, Tanjung Pinang juga memiliki berbagai festival dan acara khas yang dapat menjadi pengalaman wisata yang unik. Dengan mengikuti tips berwisata yang tepat, wisatawan dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan berkesan di Tanjung Pinang.

Related Post :