Menelusuri Indahnya Panorama Pantai Pongkar disisi Timur Karimun

  • Gaffar
  • Oct 13, 2016
Panorama Pantai Pongkar

Potensi wisata Kabupaten Karimun di Dominasi dengan wisata Bahari, Salah satu wisata bahari dengan panorama pasir putih yang membentang luas di sepanjang bibir pantai. Memiliki potensi wisata bahari yang berbeda dari lainnya adalah pantai Pongkar. Mengapa berbeda? Karena pantai Pongkar Memiliki Pohon-pohon cemara yang berbaris di sepanjang tepi pantai dan memiliki panorama yang indah dengan pemandangan pengunungan Karimun serta akan melihat betapa pesonanya Pulau Karimun anak.

Baca Juga – Mengagumi Indahnya Suasana Sunset Di Pantai Pelawan yang Eksotis

Wisata Pantai Pongkar berdekatan dengan wisata baru kabupaten Karimun yang menjadi icon saat ini yaitu Kolam Renang Tamara. keberadaan Pantai Pongkar memiliki daya tarik tersendiri dengan hamparan pasir putih yang membentang disepanjang bibir pantai serta mempunyai suasana lautan yang luas nan biru membuat masyarakat berbondong-bondong menghabiskan liburannya di pantai ini. Karena pantai Pongkar merupakan wisata bahari yang paling diminati oleh masyarakat Karimun, setiap hari bahkan setiap liburan Pengunjung terus berdatangan untuk mengunjungi indahnya Panorama Pantai Pongkar.

 

Keindahan Pantai PongkarKeindahan Pantai Pongkar

Menikmati Keindahan Ciptaan Tuhan yang maha Kuasa Apasalahnya sobat mengunjungi pantai pongkar. Pantai pongkar yang terletak di desa pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun dengan luas pantai kurang lebih sekitar 100 Hektar (1 km2). Pantai Pongkar memiliki pasir putih, bersih serta halus membuat pengunjung tidak berpikir panjang untuk membawa peralatan piknik seperti membawa makanan peralatan yang dibutuhkan serta membawa tikar, jadi jangan heran ketika bertemu dengan banyak keluarga yang menikmati keindahan pantai pongkar dengan membentang tikar disepanjang pesisir pantai. Dengan suasana yang memadai banyak anak-anak yang keasikan bermain di tepi pantai membuat miniatur bangunan Rumah, Menulis dan Membenamkan diri kedalam pasir hanya untuk melepaskan kegembiraan sehingga akan membentuk kreatifitas mereka.

Baca juga – Wisata Kolam Renang Tamara Sensasi Berenang dengan Mata Air Asli Gunung Karimun

Mengunjungi Pantai pongkar sobat dapat menyaksikan deburan ombak sambil melakukan aktivitas-aktivitas seperti mandi, berenang, berendam, atau menyelam didasar laut. Setelah puas menikmati aktivitas di air ini, sobat juga dapat berjemur di atas hamparan pasir putihnya yang luas dan landai, sembari menikmati hangatnya sinar matahari dan juga dapat berjalan-jalan santai menyusuri keindahan pesisir pantai sambil menghirup udaranya yang sejuk.

 

Panorama Pantai Pongkar
Panorama Pantai Pongkar

Dipantai Pongkar Juga tidak kalahnya dengan pantai Pelawan, pengunjung juga bisa olahraga jantung dengan menyewa Banana Boat seharga Rp. 20.000,- perorang, namun banyak pengunjung yang mengantri untuk melihat eksotis  pemandangan pantai pongkar serta melihat Gunung-gunung dari jarak jauh kelihatan berwarna biru tua yang berada di sisi kiri dan kanan pantai sehingga jika wisatawan beristirahat di pantai merasa tidak bosan. Tidak Perlu kawatir sobat akan difasilitasi keamanan yang dilengkapi dengan pengaman yang super  ketat dan jika sobat yang tidak bisa berenang akan di berikan baju pelampung serta akan diawasi full oleh pemandu banana boat, Jadi sobat harus mencobanya. Bahkan,  di kawasan pantai juga bisa diciptakan tempat-tempat pemancingan ikan dan menyelam (diving) di air laut. wah seru bukan?

Baca juga – Keunikan Wisata Air Terjun Pongkar dengan Keindahan Perbukitan Karimun

Dari Pantai Pongkar, wisatawan juga bisa mengunjungi obyek wisata air (water fall) terjun yang letaknya sekitar dua kilometer ke arah tenggara. Menuju  air terjun, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan hutan. Apalagi letak air terjun berada di perbukitan sekitar 700 meter dari ketinggiannya. Infrastruktur jalan menuju lokasi sudah tersedia dengan lebar badan jalan sekitar enam meter sehingga bisa dilalui dengan dua lajur kendaraan roda empat atau enam.

Again ?? #jetski

A photo posted by Cindy Ng (@cndyng) on

Untuk masuk ke wisata Pantai Pongkar, pengunjung diwajibkan membayar uang masuk sebesar Rp. 10.000,- per kendaraan (roda empat) sedangakan Sepeda Motor (roda dua) dikenakan ongkos masuk sekitar Rp. 3.000,- per sepeda motor, jadi tiket masuk tidak diperhitungan perorangan tetapi berdasarkan jumlah kendaraan yang masuk ke objek wisata tersebut. Tempat Parkir yang disediakan cukup besar untuk menampung puluhan Mobil dan ratusan Sepeda Motor. Jadi sobat bisa berlibur dengan membawa Keluarga, Rekan dan Pacar Sobat untuk menyaksikan keindahan pasir putih dan panorama pegunungan karimun yang menawan.

Baca Juga – Wisata Pantai Telunas dengan Panorama Keindahannya yang Menjadi Surga Wisatawan Mancanegara

Yang perlu sobat tau tentang Fakta Pantai pongkar :

  1. Pantai pongkar ini terletak di desa pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau,
  2. Pantai pongkar merupakan salah 1 dari 2 pantai yang ada di Desa pongkar,
  3. Pantai pongkar terletak lebih kurang 3km dari wisata Air terjun,
  4. Pantai pongkar ini termasuk pantai yang memilik perpohonan cemara ditepian pantai,
  5. Pantai pongkar ini merupakan pantai yang mampu menarik banyak wisatawan bukan hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan mancanegara,
  6. Pantai pongkar menjadi penopang perekonomian banyak warga yang tinggal disekitar pantai tersebut,
  7. Pantai pongkar Memiliki Pasir Putih Terbaik di sepanjang pesisir pantai,
  8. Pantai pongkar Memiliki panorama yang indah dengan pemandangan pengunungan karimun serta dapat melihat mungilnya pulau karimun anak.

A. Sejarah Pantai Pongkar

Sejarah Keberadaan Pantai Pongkar memiliki keasrian sebagai tempat wisata Kabupaten Karimun, Namun seiring waktu berlalu semakin banyak peminat yang berkunjung di pantai pongkar maka semakin banyak pula kreatifitas masyarakat untuk menambah fasilitas yang cukup sehingga membuat para pengunjung akan mampir setiap liburan mendatang. Lokasi wisata yang strategis dari jalan utama akan memudahkan pengunjung tiba di lokasi dan tidak berlama-lama didalam kendaraan.

B. Letak Geografi Pantai Pongkar dan Kabupaten Karimun

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia,
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam,
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir,
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau 58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni  sebanyak 35 buah pulau.Tentunya pantai pongkar Tamara terletak di Desa Pongkar pada gugusan Kepulauan Karimun.

C. Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Desa Pongkar adalah penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat Pongkar Merupakan Budaya Masyarakat Melalu. sekarang ini masyarakat Karimun dipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun. Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

Asiknya Berlibur di Pantai Pongkar
Asiknya Berlibur di Pantai Pongkar

D. Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada di Desa Pongkar adalah kebanyakan Pekerja PT. dan sebagian Nelayan.

E. Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Lokasi Penuju Tempat Wisata Tidaklah Sulit Karena Letaknya hanya ditepi Jalan Pongkar, Karena Wisata Baru Pastinya Sebagian Masyarakat Karimun Belum Tahu lokasi Pantai Pongkar ini, Tidak perlu Kawatir, Jika Sobat asli dari Karimun Pastinya sudah tau yang namanya pantai Pongkar atau pantai Ketam. Jika masih Belum tahu, wisatago akan memberi tahukan rute Perjalanannya

  1. Jika sobat dari Stadiun Badang Perkasa sobat bisa melewati gang kanan jalan stadiun, sobat bisa ikuti terus jalan tersebut sekitar 15 menit maka akan sampai di palng pantai pongkar yang berada di sisi Kanan jalan, tiba disitu akan masuk gerbang kecil.
  2. Jika sobat dari Desa Sungai Ayam sobat memakan waktu sekitar 45 menitan, Sobat bisa mengambil Rute Menuju PN Setelah itu Stadion Badang Perkasa lewat Utara stadion badang perkasa jika ambil selatan maka akan ke pantai pelawan, sobat harus ambil di sisi jalan utara stadion badang perkasa tempatnya menuju daerah pegunungan. Jika sobat sudah mengambil disisi jalan utara maka sobat ikuti jalan aspal terus hingga sampai di desa pongkar.
  3. Jika sobat Dari Tebing sobat memakan waktu sekitar 40 menitan, sobat bisa mengmabil Rute Menuju Poros yang akan melewati RSUD Karimun setelah itu menuju jalan poros dan melewati Gor Badang Perkasa, Jika sobat sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat ikuti jalur nomor 2.
  4. Yang terakhir jika sobat dari Kolong sobat memakan waktu 50 menitan, Sobat Bisa mengmbil Rute Meral setelah itu ada simpang tiga daerah meral, maka sobat bisa ambil jalan kanan dan akan melewati Gor Banga perkasa, Jika sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat Ikuti Jalur Nomor 2.
Bus Ajaib Hanya di Karimun
Bus Ajaib Hanya di Karimun via karimunbatam.blogspot.com

F. Kondisi Jalur Wisata Pantai Pongkar

Jalur wisata sudah di jelaskan pada tahap-tahap di atas, Untuk kondisi jalaur wisata menuju Kolam pantai pongkar Sobat tidak usah kawatir akan jalannya karena jalan menuju ke lokasi sudah di aspal, ada pepatah yang mengatakan “jalan yang sulit sering kali menuju tempat yang indah” kali ini untuk wisata pantai pongkar tidak Membutuhkan kata-kata itu Jalannya sudah bagus apalagi tempat wisatanya.

G. Fasilitas Wisata Pantai Pongkar

Fasilitas yang dimiliki oleh wisata pantai pongkar Ini adalah Fasilitas WC atau kamar Mandi, Parkir, Renang, dan tentunya akan melihat panorama yang sangat indah. Apalagi sobat menyewa banana boat, maka akan melihat pemandangan yang indah dari jarak jauh. Saya merekomendasikan untuk menyewa banana boat, Kapan lagi melihat keindahan Panorama Gunung Jantai Karimun.

H. Paket Wisata

Pakat Wisata Pantai Pongkar:

  1. Untuk masuk ke wisata tidak dihitung perorang, namun akan di hitung perkendaraan, jika menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan tarif 3.000, namuan jika menggunakan kendaraan roda 4 akan di kenakan tarif 10.000,-
  2. Jika Sobat Menginap di Hotel, Maka Karimun menyediakan banyak sekali Hotel, rata-rata hotel di karimun Rp. 90.000 Hingga Jutaan Rupiah.
  3. Jika sobat menyewa mobil maka sobat harus menyediakan Uang sebanyak 300Ribuan Perhari. Perlu sobat ketahui bahwa Karimun memili 2 SPBU yang aktif yaitu di Meral dan di Poros,
  4. Parkir Rp 1.000
  5. Bilas di Kamar Mandi Rp 2.000

I. No Kontak Jasa Paket Wisata

Promotion Departement
Address:
Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

J .Jadwal Kapal

jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam diambil dari sini
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai KarimunTanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

K. Video Wisata Pantai Pongkar

L. Peta Wisata Pantai Pongkar

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *