...

Mengagumi Indahnya Suasana Sunset Di Pantai Pelawan yang Eksotis

  • Gaffar
  • Oct 01, 2016
Sunset indah di pantai Pelawan

Pantai Pelawan merupakan salah satu objek wisata terbaik di kabupaten Karimun. Provinsi kepulauan riau. Keistimewaan utamanya terletak pada pesona biru air laut yang menghampar disepanjang pantai. Tak kalah hebat dengan birunya air laut pantai pelawan kini keberadaannya diselimuti pepohonan yang tumbuh lebat dan membentang di sepanjang pantai dan bibir pantai yang landai serta putih.

Pantai Pelawan adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk menemukan inspirasi dan kedamaian. Pantai ini memiliki pasir putih yang berkilau, batu besar, dan hutan mangrove di sekitarnya. Pantai ini juga memiliki pesona khusus bagi para pengunjung. Pantainya yang indah dan airnya yang biru menjadi kebanggaan bagi mereka yang tinggal di Tanjung Balai Karimun, Daerah yang dikenal Serumpun Melayu ini juga merupakan tempat favorit untuk menghabiskan masa liburan. Kondisi alam pantai Pelawan masih terawat dengan baik terlihat dari pasir yang bersih. Tips Jika Anda mengunjungi Pantai Pelawan di siang hari, Anda bisa duduk di gazebo untuk menikmati  pemandangan yang indah.

Indahnya sunset di pantai Pelawan
Indahnya sunset di pantai Pelawa

Baca juga wisata karimun – Wisata Pantai Telunas dengan Panorama Keindahannya yang Menjadi Surga Wisatawan Mancanegara

 

A photo posted by Ruth Carolina (@uthecarolina) on

 

Pantai ini terletak di Pangke town city, Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Pantai Pelawan merupakan salah 1 dari 2 pantai yang ada di Desa Pangke. Pantai Pelawan terletak lebih kurang 5km dari kantor desa Pangke. Objek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat kabupaten Karimun pada akhir pekan ini termasuk kedalam objek wisata yang paling diminati.

Objek wisata Pantai Pelawan ini merupakan pantai yang mampu menarik banyak wisatawan bukan hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan mancanegara. Sehingga objek wisata tersebut menjadi penopang perekonomian banyak warga yang tinggal disekitar pantai tersebut dengan menjajakan fasilitas seperti jajanan serta pelampung  bagi wisatawan.

Bermain Banana Boat Di pantai Pelawan
Bermain Banana Boat Di pantai Pelawan

Pantai ini berada di bagian tenggara dari pulau Karimun dan secara keseluruhan merupakan bagian dari wilayah perdagangan bebas (free trade zone) yang cukup strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional di sebelah barat Singapura. Pantai Pelawan terlihat berbentuk liter U yang memberntuk pola bula sabit yang apabila kita berdiri disalah satu ujungnya akan terlihat sejajar dengan ujung satunya karena bentuknya yang seperti tapal kuda.

Dipinggir pantai terdapat gazebo untuk bersantai dan menikmati suasana pantai yang nyaman dan tenang. Ombak di Pantai Pelawan termasuk besar apalagi pada bulan-bulan tertentu dan pasang surutnya air laut. Berkeliling Pantai PelawanPantai Pelawan termasuk luas dan memiliki banyak formasi batu besar. Pondok yang tersedia di dekat pantai dapat Anda gunakan untuk menikmati pemandangan, sambil menikmati makanan dan minuman Anda.

Nongkrong di Gubuk Pantai Pelawan
Nongkrong di Gubuk Pantai Pelawan

Transportasi Pantai ini paling mudah dicapai dengan pesawat. Tidak ada angkutan umum yang tersedia untuk menuju pantai ini sehingga Anda harus menggunakan mobil pribadi atau taksi motor. Atau, Anda bisa menyewa mobil seharga Rp300.000,00 hingga Rp500.000,00 per hari. Kuliner Anda bisa makan dan minum di restoran-restoran di dekat pantai yang menawarkan berbagai menu olahan laut. Kegiatan Pantai PelawanPengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan alam. Selain berenang, juga tersedia fasilitas yang cukup untuk menikmati dan menjelajahi keindahan Pantai Pelawan.

 

Sunset indah di pantai Pelawan
Sunset indah di pantai Pelawan

Baca juga wisata karimun – Wisata Kolam Renang Tamara Sensasi Berenang dengan Mata Air Asli Gunung Karimun

Yang perlu sobat tau tentang Fakta Pantai Pelawan :

  1. Pantai Pelawan ini terletak di Pangke, Meral, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.
  2. Pantai Pelawan merupakan salah 1 dari 2 pantai yang ada di Desa Pangke.
  3. Pantai Pelawan terletak lebih kurang 5km dari kantor desa Pangke.
  4. Pantai Pelawan ini termasuk kedalam wilayah RW 04 RT 03 Kampung Tengah Barat III
  5. Pantai Pelawan ini merupakan pantai yang mampu menarik banyak wisatawan bukan hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan mancanegara.
  6. Pantai Pelawan menjadi penopang perekonomian banyak warga yang tinggal disekitar pantai tersebut
  7. Pantai Pelawan Memiliki Sun Set Terbaik di Karimun,
  8. Pantai Pelawan diapit oleh dua PT Besar, Kiri Pantai Pelawan adalah PT Saipem sedangkan Kanan Pantai Pelawan adalah PT. Oil Tankhing.

A. Sejarah Pantai Pelawan dan Kab Karimun

Sejarah Pantai Pelawan sangat erat kaitannya dengan Karimun Karena Karimun Pada masa kemerdekaan Kepulauan Karimun terus berbenah hingga pada tanggal 15 Mei 1999 terjadi musyawarah besar seluruh rakyat Kepulauan Riau yang menuntut pemekaran wilayah menjadi provinsi sendiri terpisah dari Provinsi Riau, hal ini menuntut untuk terjadinya pemekaran daerah yang berujung pada Kepulauan Karimun yang mencakup Kecamatan Karimun, Kecamatan Moro dan Kecamatan Kundur harus menjadi sebuah Kabupaten. Akhirnya gayungpun bersambut dengan diterbitkannya UU No. 53 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Karimun, bersama 35 Kabupaten lainnya diseluruh Indonesia yang disahkan oleh Presiden pada tanggal 4 Oktober 1999 dan Kabupaten Karimun diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 12 Oktober 1999 serta melantik pejabat Bupati Kabupaten Karimun Drs. H.M Sani, dan tercatat sebagai bupati pertama Kabupaten Karimun. Sejak saat itu geliat pembangunan Kabupaten karimun terus meningkat. Dan saat ini Karimun dikenal sebagai daerah industri kapal (galangan kapal), pertambangan (batu geranit, pasir dan timah), pertanian, perikanan dan pariwisata.

B. Letak Geografi Kabupaten Karimun

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau 58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni sebanyak 35 buah pulau. Tentunya Pantai Telunas pada gugus Kecamatan Merak Kabupaten Karimun. Selatannya Pulau Karimun.

C. Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Pantai Pelawan dan sekitarnya merupakan penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat pulau Sugi Merupakan Budaya Masyarakat Melayu. sekarang ini masyarakat Karimun dipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun. Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

Liburan dengan Keluarga
Liburan dengan Keluarga via Google.com

D. Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada di Pantai Pelawan adalah kebanyakan Pekerja PT. dan sebagian Nelayan.

F. Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Untuk Menuju Ke Lokasi Pantai Pelawan, Sobat Bisa Melewatu 4 Rute Yang akan wisatago.com jelaskan, Ke-4 Rute ini Hampir sama dalam waktu tempu menuju Pantai Pelawan.

  1. Rute Dari Teluk Air atau Coastal Area, Jika Sobat Dari Coastal Area, Sobat bisa mengambil Rute Menuju Ke Kolong, Sesampai Sobat Di Kolong, Sobat Bisa ambil 2 Rute Perjalanan, Jika sobat melewati Baran, Sobat Harus Menuju ke Kecamatan Meral, Untuk menuju dari Coastal Ke Meral Sobat Menempuh Dalam waktu 40 Menitan, Di Meral Sobat Bisa ambil Jalur Kiri kalau itu tiba di lapangan kuning atau jalan baru yang terdapat di Meral, Lurus saja hingga ketemu PT Saipem, Sobat bisa Ambil Arah kanan. 5 Menit dari situ sobat sudah sampai Di pantai Pelawan.
  2. Rute Dari Sungai Lakam atau Kolong, Dari yang sudah dijelaskan pada point pertama tadi, sobat bisa mengikuti jalaur pertama untuk menuju ke Pantai Pelawan, Hanya saja Jalur pertama melewati Baran, nah jika sobat melewati Batu Lipai sobat harus menuju Jalan Poros, Sebelum Jalan Poros sobat akan melewati RSUD Karimun, Nah sobat ikuti arah Kiri. Lurus terus hingga melewati Mesjid Agung, Lurus lagi melewati Stadiun Badang Perkasa, Nah arah selatan atau kiri Pdang Perkasa
    Sobat bisa Belok Kekiri hingga menuju ke Meral, Jika tiba di meral sobat bisa ikuti Jalur nomor 1.
  3. Rute Dari Sungai Ayam atau Tebing, Jika Sobat Dari Sungai Ayam atau Tebing, Sobat bisa mengambil Rute menuju PN, Dari Sungai Ayam ke PN sobat menempuh dalam waktu 20 Menit, Dari PN Ke Meral sobat menempuh dalam waktu 20M, namun Sobat harus melewati stadion Badang Perkasa, tiba di stadiun badang perkasa sobat bisa ikuti jalur nomor 2.
  4. Rute Dari Desa Pongkar, Jika sobat mengambil Rute dari Desa Pongkar, Sobat harus menuju ke Stadion Badang Perkasa, dan sobat bisa ikuti jalur nomor 2.
Kabupaten karimun via wartakepri.co.id
Kabupaten karimun via wartakepri.co.id

F. Kondisi Jalur Wisata

Jalur wisata sudah di jelaskan pada Jalur-Jalur di atas, Untuk kondisi jalaur wisata menuju Pantai Pelawan jalan aspalnya sangat bagus, dan tentunya masih batu. yang sobat harus tahu di Kabupaten Karimun memiliki 2 SPBU yang aktif. Sebelum Liburan ke Patan Pelawan sebaiknya Sobat mengisi Bensin terlebih dahulu, untuk bensin yang berjualan di kali lima, dipatok harga yang lebih mahal.

G. Fasilitas Wisata

Fasilita Wisata yang ada di pantai Pelawan adalah sebagai berikut :

  • Pantai dengan Panorama yang mengasikan
  • Banana Boat
  • Pelampung
  • Gubuk Istirahat
  • Rumah Makan
  • Mushala
  • Tempat Nongrong di Berbatuan
  • Perahu
  • Kamar Mandi dan WC
  • Tempat Parkit
  • dll

H. Paket Wisata

Pakat Wisata Pantai Pelawan, Sebenarnya untuk paket wisata pantai pelawan Terpisah pisah dan berbeda tempat:

  1. Masuk membayar Rp 3.000 untuk kenderaan Roda dua dan Rp 5.000 Kendaraan Roda Empat, untuk akses pantai pelawan yaitu dibuka 24 jam.
  2. Jika Sobat Menginap di Hotel, Maka Karimun menyediakan banyak sekali Hotel, rata-rata hotel di karimun Rp. 90.000 Hingga Jutaan Rupiah.
  3. Jika sobat menyewa mobil maka sobat harus menyediakan Uang sebanyak 300Ribuan Perhari. Perlu sobat ketahui bahwa Karimun memili 2 SPBU yang aktif yaitu di Meral dan di Poros,
  4. Parkir Rp 2.000
  5. Bilas di Kamar Mandi Rp 2.000
  6. Sewa Banana Boat Rp 20.000/ Orang dan Banana boat hanya bisa menampung 8 orang
  7. Rata-Rata Makanan yang ada di pantai pelawan harganya hampir sama dengan wisata lainnya.

I. No Kontak bisa melalu ini Promotion Departement

Address: Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

J. jadwal Kapal Dari Batam Ke Karimun, dan dari Karimun ke Batam diambil dari sini
Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Mv. Oceanna (update Februari 2015) :
Dari Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun :

Harbour Bay Batam menuju ke Tanjung Balai Karimun Tanjung Balai Karimun menuju ke Harbour Bay Batam
07.15 WIB
09.00 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB
07.00 WIB
09.15 WIB
11.00 WIB
13.00 WIB
15.15 WIB
17.00 WIB

K. Video Pemandangan Pantai Pelawan

M. Peta Lokasi Pantai Pelawan

Related Post :