...

Keunikan Wisata Air Terjun Pongkar dengan Keindahan Perbukitan Karimun

  • Gaffar
  • Oct 11, 2016
Air Terjun Kabupaten Karimun

Air Terjun Gunung Jantan Karimun memiliki keasrian yang sangat menawan, Ketinggian Air terjun ini sekitar 700 mpdl dari Permukaan laut dan Peta dan Koordinat Air terjun gunung jantan ini menggunakan GPS: 1° 6′ 10.90″ N 103° 21′ 54.00″ E. Untuk itu Karimun disibukan dengan berbagai tempat wisata yang lengkap seperti air terjun, Pantai, Kolam renang, Pasar Malam, dan masih banyak lagi. Air terjun gunung jantan terletak di desa pongkar, kecamatan tebing, kabupaten karimun, kepulauan Riau, Indonesia.

Air Terjun Kabupaten Karimun Source : ubermoon.blogspot.co.id
Air Terjun Kabupaten Karimun Source : ubermoon.blogspot.co.id

Sebagian Masyarakat Tanjung Balai Karimun mengenal Air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Pongkar dan sebagain lagi mengenalnya dengan sebutan Air Terjun Gunung Jantan. Karena Air terjun ini terletak di desa pongkar dan gunung jantan jadilah kedua nama tersebut. Setiap Tahun, Setiap Bulan bahkan setiap liburan, masyarakat terus berdatangan untuk melihat kehindahan air terjun dengan melakukan aktivitas Mandi dari mata air asli gunung jantan. Yang perlu sobat tahu bahwa air terjun pongkar karimun ini memiliki 2 kolam yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas mandi sepuasnya dan dengan kesejukan yang bisa menghilangkan rasa capek dalam perjalan sobat tadi.

Baca Juga Mengagumi Indahnya Suasana Sunset Di Pantai Pelawan yang Eksotis

Berlibur ke air terjun desa pongkar ini sangat direkomedasi bagi sobat yang belum pernah merasakan mandi dengan mata air asli gunung jantan karimun. Selain terletak di desa pongkar air terjun gunung jantan ini juga terletak di hutan lindung karimun, jika sobat menuju ke wisata air terjun jangan heran akan melihat berbagai binatang yang aneh dan unik, seperti kicawan burung yang bernyanyi disepanjang perjalanan dan melihat aktifitas monyet yang begitu antusias menyambut kedatangan sobat, wisatago menyarankan jangan lupa membawa makanan seperti pisang atau roti untuk diberikan kepada mereka. heheh

Menuju ke Wisata air terjun ini sobat akan disibukan dengan perjalanan yang berkelok-kelok dengan melihat pemandangan Indah disekitar hamparan bukit yang begitu menawan dan sobat akan melewati berbagai wisata untuk menuju ke wisata air terjun ini, seperti wisata koram renang tamara, pantai pongkar dan pantai ketam. Perjalanan dari pusat kota Karimun Memakan waktu sekitar 45-60 menit. Untuk menuju ke Wisata Air terjun ini tidak sama halnya dengan wisata-wisata yang terdapat dipulau jawa, menuju kewisata air terjun gunung jantan ini sobat tidak perlu kawatir dengan Kemacetan, jalannya terjal banyak berbatuan dan perjalanan kaki yang jauh, parkiran sempit dan sebagainya. Namun sebaliknya sobat akan di sambut dengan berbagai perjalanan yang mengasikan.

Air Meleleh Julukan Air terjun Karimun
Air Meleleh Julukan Air terjun gunung jantan

Setibanya disana, tidak ada tanda-tanda keberadaan objek wisata ditempat ini, hanya tempat parkir berupa lahan kosong dan beberapa warung. Untuk masuk ke loket air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 200 meter dari  parkiran. Dalam perjalanan menuju pintu masuk, saya bertanya kepada pak supir apa nama air terjun tersebut. Dengan berpikir keras si bapak menjawab, “ya namanya  air terjun saja.” Saya bingung mendengar jawabannya. Sesampainya di pintu masuk, saya melihat pagar bertulisakan “Taman Wisata Air Terjun Desa Pongkar-karimun”. Setelah membaca pagar tersebut saya mengerti mengapa si pak supir bingung menjawab pertanyaan saya. Ternyata kebanyakan warga setempat terbiasa menyebut tempat wisata ini dengan sebutan air terjun saja dan beberapa menyebutnya dengan nama Air Terjun Pongkar. Tebing yang ada di air terjun di desa Pongkar ini tidak terlalu tinggi dan tidak berarus kuat. Awal datang kesini saya keheranan dimana letak air terjun, ternyata apa yang terjadi, air terjun tersebut tidak seperti yang ada di pulau jawa, kenapa? ya karena di air terjun ini seperti air yang meleleh bukan air terjun yang tinggi menjulang. Namun melihat kondisi air yang meleleh di tebing batu mini itu sangat menyejukan mata dengan keunikannya.

Air Terjun Pongkar
Air Terjun Pongkar

Sobat juga bisa meneruskan perjalanan ke atas Puncak. Untuk mencapai puncak dapat dilakukan dengan berjalan kaki santai selama kurang lebih dua jam. Di puncak bukit  terdapat menara Bea Cukai yang sudah tidak gunakan lagi. Dahulu menara tersebut digunakan untuk memantau penyelundupan di perairan sekitar pulau Karimun. Dari atas puncak kita dapat melihat hamparan laut dan negara Malaysia dan Telephone genggam yang kita gunakan akan berpindah sinyal, sehingga akan menggunakan sinyal Negara Malaysia ataupun Negara Singapra, unik kann?.. dan untuk menuju ke puncak ini bisa menggunakan dua jalur. Jalur pertama yang biasa sobat gunakan adalah jalur hutan yang melewati wisata air terjun dan jalur kedua bisa melewati pejalan aspal untuk menuju kepuncak dengan melewati pabrikan Air Minum Atarin, Jika melewati jalan beraspal saya menyarankan untuk menggunakan sepeda motor karena perjalanannya cukup jauh dan memakan waktu yang lama.

Baca Juga – Wisata Pantai Telunas dengan Panorama Keindahannya yang Menjadi Surga Wisatawan Mancanegara

Selain sebagai sarana rekreasi, taman wisata ini di sepanjang jalan menuju air terjun terdapat pohon-pohon langka seperti pohon Beluka dan Pulai. Saya sempat dikagetkan dengan bunyi-bunyian dari arah pohononan, ternyata seekor monyet sedang asyik bergelantungan. Keasrian membuat satwa-satwa tetap terpelihara di kawasan ini.

A. Sejarah Air Terjun Pongkar Karimun

Sejarah mengenai Wisata Air terjun gunung jantan ini tidak menjadi sorotan masyarakat karena wisatago belum menemukan sejarah yang relavan, hanya saja di puncak gunung jantan ini sangat unik karena ada bekas peninggalan Tower dari beacukai yang sudah lama tidak digunakan. biasanya tempat ini digunakan untuk anak-anak muda sekarang menikmati keIndahan pulau Karimun. Ketika berada di puncak gunung jantan ini sobat akan melihat begitu kecilnya Pulau karimun dan melihat hamparan laut yang terbentang luas dengan melihat dua negara yaitu malaysia dan singapura.

Jalan Menuju Kolam Renang Tamara
Jalan Menuju Kolam Renang Tamara

B. Letak Geografis Kabupaten Karimun dan Air Terjun Pongkar

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984km2 dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah utara dengan negara singapura dan semenanjung malaysia
  2. Sebelah timur dengan Kota Batam
  3. Sebelah selatan dengan kecamatan ketaman dan kabupaten Indragiri Hilir
  4. Sebelah barat dengan Kecamatan Rangsang, kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Bengkalis, dan Kecamata Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Kabupaten karimun merupakan daerah Kepulauan dengan Jumlah pulau seluruhnya 198 buah yang tersebut pada 3 gugusan pulau-pulau, Yaitu gugusan kepulauan Kundur dengan jumlah pulau 58 buah yang baru di huni 17 buah, gugusan kepulauan Karimun sebanyak 48 buah yang dihuni 15 buah pulau, dan gugusan kepualauan moro sebanyak 92 buah pulau dan baru di huni sebanyak 35 buah pulau.Tentunya air terjun gunung jantan terletak di Desa Pongkar pada gugusan Kepulauan Karimun. Ketinggian Air terjun ini sekitar 700 mpdl dari Permukaan laut dan Koordinat Air terjun gunung jantan ini menggunakan GPS: 1° 6′ 10.90″ N 103° 21′ 54.00″ E

C. Budaya Masyarakat setempat

Sebagian Masyarakat Desa Pongkar adalah penghuni menetap dan sebagian lagi adalah pendatang, Kebudayaan Masyarakat Pongkar Merupakan Budaya Masyarakat Melalu. sekarang ini masyarakat Karimun dipimpin Oleh orang yang benar-benar asli Karimun, Yaitu Bpk Ainur Rafiq sebagai Bupati Karimun. Jumlah penduduk Karimun semakin tahun semakin meningkat di tahun 2000 jumlah penduduk Karimun mencapai 174.733 Jiwa dan pertumbuhan penduduk 10 tahun terakhir adalah 1,93% rata-rata pertahun. Dengan memiliki masyarakat yang Berazam Maka karimun meliki visi “Terwujudnya Kabupaten yang maju, Mandiri dan Berbudaya, dilandasi Iman dan Taqwa”.

D. Mata Pencaharian Masyarakat setempat

Potensi Utama Masyarakat Karimun Berasal dari galian tambang yakni Granit, Timah, serta Pasir laut. Dilihat dari segi Mata Pencaharian Masyarakat karimun, maka 48,63% Bergerak pada sektor Pertanian, 14,56% pada sektor Perdagangan, 15,38% pada sektor jasa, 7,69% pada sektor Pertambangan, 5,77% pada sektor Kontruksi. 1,65% pada sektor Industri dan 0.55% bergerak disektor lain. Mata Pencaharian Masyarakat yang ada di Desa Pongkar adalah kebanyakan Pekerja PT. dan sebagian Nelayan.

E. Lokasi Menuju Wisata dari berbagai tempat

Lokasi Penuju Tempat Wisata Tidaklah Sulit Karena Letaknya hanya ditepi Jalan Pongkar. Jika Sobat asli dari Karimun Pastinya sudah tau yang namanya pantai Pongkar atau pantai Ketam. Jika masih Belum tahu, wisatago akan memberi tahukan rute Perjalanannya untuk menuju ke wisata air terjun gunung jantan

  1. Jika sobat dari pantai Pongkar, Sobat Lurus terus menuju ke Barat sekitar 15 menitan untuk sampat di air terjun Gunung Jantan.
  2. Jika sobat dari Desa Sungai Ayam sobat memakan waktu sekitar 45 menitan, Sobat bisa mengambil Rute Menuju PN Setelah itu Stadion Badang Perkasa lewat Utara stadion badang perkasa jika ambil selatan maka akan ke pantai pelawan, sobat harus ambil di sisi jalan utara stadion badang perkasa tempatnya menuju daerah pegunungan. Jika sobat sudah mengambil disisi jalan utara maka sobat ikuti jalan aspal terus hingga sampai di desa pongkar, sesampai di desa pongkar maka sobat ikuti jalur nomer 1 tadi
  3. Jika sobat Dari Tebing sobat memakan waktu sekitar 40 menitan, sobat bisa mengmabil Rute Menuju Poros yang akan melewati RSUD Karimun setelah itu menuju jalan poros dan melewati Gor Badang Perkasa, Jika sobat sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat ikuti jalur nomor 2.
  4. Yang terakhir jika sobat dari Kolong sobat memakan waktu 50 menitan, Sobat Bisa mengmbil Rute Meral setelah itu ada simpang tiga daerah meral, maka sobat bisa ambil jalan kanan dan akan melewati Gor Banga perkasa, Jika sudah tiba di Gor Badang Perkasa sobat Ikuti Jalur Nomor 2.
monyet Gunung Jantan
monyet Gunung Jantan

F. Kondisi Jalur Wisata

Seperti yang telah di jelaskan di atas kondisi jalaur wisata untuk menuju ke wisata Air terjun Pongkar ini sobat dimanjakan dengan jalan yang beraspal dan perbukitan yang indah serta akan melewati danau biru buatan yang terdapat di samping pantai. Untuk masuk ke loket air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 200 meter dari
parkiran. Parkiran wisata air terjun cukup luas. Tiba di parkiran sobat akan merasa aneh ketika melihat aktivitas monyet yang begitu banyak berkeliaran disekitar.  Ingat Makanan yang sobat bawa di hadiahkan sedikit kepada mereka. agar kedatangan sobat bisa disambut dengan hangat oleh alam.

Jalan Menuju Air Terjun Pongkar
Jalan Menuju Air Terjun Pongkar

G. Fasilitas Wisata

Fasilitas yang dimiliki oleh wisata Air Terjun Pongkar Ini adalah Fasilitas WC atau kamar Mandi, Parkir, Renang, dan tentunya akan melihat panorama yang sangat indah.

Baca Juga – Wisata Kolam Renang Tamara Sensasi Berenang dengan Mata Air Asli Gunung Karimun

H. Paket Wisata

Pakat Wisata Air Terjun Pongkar:

  • Masuk membayar Rp 5.000, Buka jam 8.00 Wib Hingga jam 17.00 Wib sobat sangat puas Bemain Diwaktu itu.
  • Jika Sobat Menginap di Hotel, Maka Karimun menyediakan banyak sekali Hotel, rata-rata hotel di karimun Rp. 90.000 Hingga Jutaan Rupiah.
  • Jika sobat menyewa mobil maka sobat harus menyediakan Uang sebanyak 300Ribuan Perhari. Perlu sobat ketahui bahwa Karimun memili 2 SPBU yang aktif yaitu di Meral dan di Poros,
  • Parkit Rp 1.000
  • Bilas di Kamar Mandi Rp 2.000

I.  No Kontak Jasa Paket Wisata

Address: Jln. Jendral Sudirman. Gedung C. Lt.2 Tanjung Balai Karimun, KARIMUN Kepulauan Riau 29661 INDONESIA
Email: bidangpromosiatraksipariwisata@gmail.com
Phone: 0777-7360663
Fax: 0777-7360663
http://karimuntourism.com

J. Video Wisata

K. Peta Wisata